Nokia X3

Nokia X3 adalah ponsel yang memiliki design sliding dengan OS Symbian S40 6th. Layarnya sendiri tidak begitu spektakuler, hanya 2.2 inci QVGA, dan dilengkapi dengan kamera autofokus 3.2 megapixel. 

Fitur fitur lainnya meliputi Bluetooth, FM radio, 3.5 mm audio jack, serta slot untuk micro SD dan integrated stereo speaker. Jika melihat berbagai fitur standard tersebut, memang X6 ditargetkan untuk pasar menengah Nokia X3, merupakan ponsel Nokia Series 40 pertama yang dilengkapi akses ke Ovi Store. 


Nokia X3, Lemah dalam Material dan Display
Nokia X3 adalah ponsel pertama dari Nokia dalam jajaran seri “X”. Seri X merupakan pengembangan dari seri XpressMusic Nokia. Nokia X3 merupakan ponsel berdesain slider yang berjalan dalam platform Series 40. Nokia X3 memiliki ukuran layar 3.2 megapiksel, 3.5mm jack dan stereo loudspeakers.
Desain
Nokia X3 memiliki desain yang cukup kompak. Namun, material dari Nokia X3 sebagian besar terbuat dari plastik hal ini menimbulkan kesan yang rapuh. X3 hadir dengan layar 2,2 inci dengan resolusi native 240x320 piksel.
Meskipun memiliki dukungan warna hingga 262 ribu, namun gambar yang muncul dari layar Nokia X3 terkesan lemah dan tipis dalam keadaan gelap, persis seperti layar ponsel entry-level. Untungnya, layar Nokia X3 dapat terlihat dengan jelas dan dapat dengan mudah membaca tulisannya dibawah sengatan sinar matahari langsung.
Slidernya terasa cukup kencang ketika kita membukanya. Keypadnya terasa cukup nyaman ketika kita menyentuhnya, karena memiliki tombol yang besar.
Salah satu dari stereo loudspeakers berada di bawah, dengan yang kedua terletak di sisi atas. Sedangkan port 3.5mm jack, port microUSB dan port charger terletak di sisi bawah. Di sisi kanan dan kiri terdapat tombol shutter kamera, tombol volume dan slot kartu microSD.
Multimedia
Nokia X3 dilengkapi dengan kamera 3.2 megapiksel tanpa lampu flash dan tampilannya sangat sederhana, seperti ponsel Seri 40 lainnya. Hasil gambar dari kamera Nokia X3 tidak ada masalah jika dalam kondisi pencahayaan yang baik. Warna yang dihasilkan oleh kamera Nokia X3 relatif alami.
Resolusi untuk perekaman video pada Nokia X3 adalah 320 x 240 piksel, frame dari perekaman video Nokia X3 sangat rendah, selain itu ada kesalahan dalam coding perekaman video pada Nokia X3 sehingga merubah warna dari video yang dihasilkan, kita akan mendapati perbedaan warna pada saat kita memutar kembali video hasil perekaman.
Musik
Nokia X3 merupakan ponsel dari generasi baru ponsel musik Nokia, tetapi pemutar musik dari Nokia X3 sama dengan seri 40 lainnya (seperti 5220 XpressMusic, 5130 XpressMusic) tidak ada perubahan. Daftar lagu dapat diurutkan berdasarkan artist, album dan genre. Untuk urusan suara kita dapat menyesuaikan sesuai dengan equalizer yang tersedia atau membuat equalizer kita sendiri. Themes dari pemutar musik dapat kita ubah sesuai selera. Secara keseluruhan pemutar musik Nokia x3 sangat mudah digunakan.
Kualitas suara yang dihasilkan dari loudspeaker terdengar kencang dan jernih, kualitas suara loudspeaker dari Nokia X3 sama dengan kualitas suara yang dihasilkan Nokia 5800 XpressMusic. Ketika menggunakan headphone set suaranya akan terasa lebih kaya, dengan dentuman bass yang dalam, dan trebles yang jelas.
Selain pemutar musik Nokia X3 dilengkapi dengan Radio FM untuk urusan musik. Radio dari Nokia X3 memiliki internal antenna jadi kita tidak perlu lagi menancapkan headphone untuk dapat mendengarkan radio.
Konektivitas
Sayang Nokia X3 tidak dilengkapi dengan WiFi dan 3G, jadi kita hanya dapat memanfaatkan jaringan EDGE untuk berselancar di dunia maya. Tentu ini akan menjadi kekurangan terbesar dari Nokia X3 karena kebanyakan ponsel saat ini telah dilengkapi dengan dukungan jaringan 3G dan WiFi.
Untuk konektivitas lainnya Nokia X3 memiliki microUSB dan Stereo Bluetooth.
Kinerja dan Kesimpulan :
Untuk urusan Baterai, Nokia X3 memiliki baterai yang kuat, baterai dari Nokia X3 mampu menyediakan 7,5 jam waktu bicara tanpa henti, memainkan musik selama 24 jam dan waktu standby sekitar 380 jam. Dengan pemakaian 30-40 menit bicara, surfing internet selama 30-40 menit dan memainkan musik selama dua jam, semua ini dilakukan setiap hari, baterai Nokia X3 dapat bertahan hingga hari ketiga.
X3 adalah sebuah ponsel yang bagus dalam hal musik, tetapi gagal untuk menawarkan sesuatu selain musik. Dalam hal tertentu, seperti layar, kualitas kamera dan konektivitas terasa sangat kurang. Anda pasti akan jauh lebih bahagia dengan Nokia 5130 XpressMusic yang merupakan salah satu ponsel musik terbaik dengan harga yang terjangkau untuk saat ini.

Sumber mobile88
Share this post :

komentar masuk : 0

Post a Comment

 
Support : Romes Blog | PING Tweet | Prima Tour & Travel
Copyright © 2013. M-Tronics Celular - All Rights Reserved
Template modify by Panjz Online Template by Creating Website
Proudly powered by Blogger