Home | , | LG GB230

LG GB230


Slider Klasik Bermusik Asyik

Meski hape ini hadir lebih dahulu, namun karena waktu tidak terlalu jauh berselang, pamor LG GB 230 ini kalah jauh dibandingkan LG GW 300 yang tengah booming. Tapi para penggemar hape sliding tentu tak ingin melewatkan yang satu ini.


Desain
Tampil dengan pilihan dua warna, yakni hitam dan ungu tua, hape keluaran negeri ginseng ini tampil dengan menerapkan konsep sliding/geser. Desain yang tidak terlalu berubah dari yang sudah-sudah menyiratkan kesan simpel klasik. Balutan casing plastik yang menyerupai logam hadir melingkupi keseluruhan body. Meski dibagian depan terlihat mulus dan licin, namun bagian belakangnya terasa nyaman digenggam. Ini berkat adanya motif pada casing belakang yang membuatnya terasa lebih kesat.
Fokus muka didominasi oleh layar berukuran 2 inci dan tombol navigasi di sisi bawahnya. Tombol navigasi empat arah ini berbentuk persegi dengan tombol eksekusi bulat di bagian tengahnya. Yang istimewa terlihat tombol shortcut menuju fungsi kamera dan radio FM mendampingi jajaran tombol lain yang umum dimiliki setiap hape, yakni on-off, back, dan eksekusi. Sedangkan sisi samping kanan-kiri terlihat tombol pengatur volume, port micro SD, serta port multi fungsi untuk handsfree dan charger.
Berbicara tentang hape sliding, tentu mekanisme sliding-nya menjadi fokus perhatian. Saat mencobanya, SINYAL merasakan alur yang smooth dan stabil. Ini mungkin berkat kekokohan struktur rel penggesernya. Dengan sedikit tenaga saja, tampilan muka hape sudah bergeser dengan sempurna dan menampakkan deretan keypad yang lebih sering tersembunyi.
Menyisir ke jajaran keypad tersaji tombol-tombol datar yang ternyata empuk dipencet. Berkat desain sliding inilah, keypad memiliki posisi yang cukup lega sehingga tiap-tiap tombol memiliki dimensi yang cukup besar. Dengan bentuk sedikit melengkung, tombol ini nyaman digunakan untuk siapa saja termasuk yang memiliki jari-jari sedikit “bengkak”. Menyoal tentang aktifitas saat memencet keypad, bersiaplah untuk menstabilkan genggaman Anda karena bobot hape akan terasa lebih berat di bagian atas meski jika dalam kondisi terlipat bobotnya terasa ringan.

Antarmuka
Hadir memenuhi pasar hape kelas low end, LG GB 230 lebih menitikberatkan pada kebutuhan standar sebuah alat komunikasi. Tidak hadir dengan fitur-fitur kelas berat yang membutuhkan sedikit waktu berpikir untuk pengoperasiannya. Semua yang hadir ditampilkan secara sederhana, sesederhana isi pada setiap file menunya. Yang terpenting adalah penggunanya dapat menggunakan hape ini dengan mudah.
Kesederhanaan itu turut hadir pada tampilan antarmukanya. Tak ada yang tergolong istimewa dan secara umum terlihat biasa saja layaknya hape sekelasnya. Meski begitu, kita masih bisa sedikit mengubah tema tampilan antar mukanya agar bisa lebih personal. Utak-atik saja pada bagian Display di dalam folder menu Setting. Memang tidak tersedia beragam pilihan, namun cukuplah untuk menghilangkan rasa bosan akan tampilan yang itu-itu saja.

Radio dan Musik
Fasilitas hiburan khususnya Radio FM menjadi senjata andalan LG GB230. Pasalnya untuk menjalankan fungsi radio, kita tak perlu repot menyolok handsfree terlebih dahulu. Berkat antena internal yang ada di dalam hape, kemampuan operasionalnya dapat langsung dinikmati. Tinggal tekan tombol shortcut bertuliskan FM dan langsung lakukan auto search, frekuensi beragam stasiun radio tersaji pada Channel List-nya.
Meski menyediakan cukup banyak tempat hingga 50 channel list, namun karena kemampuan tangkap antena kurang memadai, tidak banyak frekuensi yang tertangkap. Hanya gelombang yang memiliki kekuatan pancaran maksimal yang terdeteksi baik di hape. SINYAL sendiri hanya mendapati 15 stasiun radio pada channel list yang ada. Kekurangan tersebut ternyata dapat sedikit terobati dengan fasilitas merekam radio dengan kemampuan suara yang cukup baik seperti saat siaran tersebut diputar.
Untuk urusan mendengarkan musik via Music Player, LG juga bisa diandalakan meski hanya bisa membaca dua jenis file, yakni MP3 dan WAV. Untuk menjalankannya harus masuk ke menu Multimedia atau menekan tombol navigasi arah kanan. Karena kapasitas yang minim, hanya 6MB, tidak banyak lagu yang dapat disimpan. Guna menyiasatinya tersedia slot microSD yang dapat ditingkatkan kapasitasnya hingga 2GB.
Menyoal kualitas suara, kita akan sedikit kecewa. Pasalnya suara yang keluar dari speaker terdengar pecah apalagi jika volume berada di posisi maksimal. Jadi penggunaan handsfree lebih disarankan untuk meminimalisir noise yang ada.

Kamera
Kemampuan kamera 2MP yang ada memang terbilang standar. Tanpa ada dukungan lampu flash maupun autofocus untuk memaksimalkan hasil jepretannya. Tapi paling tidak hape ini dapat digunakan untuk menyalurkan hasrat bernarsis-ria. Tekan saja tombol bergambar kamera, dan siaplah untuk bergaya. Untuk mendongkrak kualitas gambar, terdapat pengaturan efek warna, white balance, night mode, dan image quality. SINYAL menyarankan fungsi kamera hanya dapat maksimal jika kita memotret di siang hari dengan cahaya yang cukup.
Hasil foto dapat langsung disimpan pada folder yang ada. Sayangnya kapasitas memori internal hanya sanggup menyimpan maksimal hingga 4 foto saja. Disini dukungan microSD juga sangat terasa. Kita pun dapat mengirimkan hasil foto yang didapat via e-mail, MMS, dan Bluetooth ke handset tetangga. Untuk pengiriman via MMS, ukuran foto akan diresize ke ukuran tertentu untuk bisa ditransfer secara baik.

Aplikasi dan Internet
Beralih ke urusan koneksi internet, LG GB230 dibekali teknologi EDGE dan GPRS. Dengan kemampuan yang dimilikinya, dibutuhkan sedikit kesabaran saat loading ke dunia maya. Aplikasi ini sudah terseting secara otomatis begitu kita mengaktifkan SIM card. Tak perlu repot memasukkan nomer IP dan teman-temannya agar koneksi jaringan internetnya bisa digunakan. Saat SINYAL menjajal untuk masuk ke situs sosial Facebook, tampilan halaman situs terlihat full dengan huruf yang besar-besar. Meski nyaman untuk dibaca, namun pergerakannya terasa agak berat.
Hape ini terbilang minim aplikasi. Hanya tersedia beberapa aplikasi, seperti fitur pengaman, pembuat catatan rahasia, dan pengkreasi ringtone. Fitur pengaman yang dimaksud ada Anti Theft Mobile Tracker. Fungsinya sebatas sebagai mobile tracker saja  dan tidak dapat mematikan ponsel dari jarak jauh jika hape dicuri. Sedangkan pembuat catatan rahasia dapat dilakukan lewat Secret Notes pada menu Organizer.
Yang terbilang cukup asyik untuk diulik adalah aplikasi Ringtone Creator yang terdapat di dalam menu Media. Dengan ini kita bisa membuat nada dering sesuai dengan keinginan. Caranya cukup mudah, yakni dengan memenggal file lagu yang tersimpan pada memori hape.  (Frederica Aditya)

Spesifikasi LG GB230
Rilis
November 2009
Harga
-
Dimensi
102,2 x 49,2 x 15,2 mm
Bobot
88 gr
Baterai
800 mAh, Li-on
Waktu Bicara
-
Waktu Siaga
450 jam
Memori internal
6 MB
Memori eksternal
microSD up to 2 GB
Messaging
SMS, MMS, Email
Jaringan
GSM (850/900/1800/1900)
Konektivitas
EDGE Rx, GPRS, WAP 2.0, USB v2.0, Bluetooth 2.1+EDR
Kamera
2 MP
Layar
TFT LCD 2.0”, QCIF (176×220)
Isi paket
Handset, Baterai, Charger, Handsfree, Kabel Data, Manual Book
Aplikasi
Java 2.0, Radio FM, FM Recording, Video Recording, MP3 Player, Voice Recorder, Ringtone Creator, Game (Sudoku Puzzle & Mini Game Planet), Secret Notes, Anti Theft Mobile Tracker, Alarm, Calendar, Calculator, Stopwatch, Date Finder, Converter, World Clock
Plus : desain ergonomic, ada antena internal untuk Radio FM
Minus : suara dari speaker pecah, tidak ada flash dan autofocus pada kamera
sumber: tabloidsinyal.com
penulis : warto

LG GB230 Julia Unlocked Quad-Band Phone with Camera, Bluetooth, FM Radio Recorder and microSD Slot--International Version with Warranty (Black)  Young Micro Inc Samsung GO N310-13GB 10.1-Inch Netbook DC Car Charger and AC Power Wall Adapter Charger - 6 Tips NEW 16Gb Genuine Patriot Memory Card for LG SENTIO GS505 Cell Phone
Share this post :

1 comments :

  1. jessica.aguirre@hotmail.com.arDecember 20, 2014 at 7:01 PM

    jessica.aguirre@hotmail.com.ar

    ReplyDelete

 
Support : Romes Blog | PING Tweet | Prima Tour & Travel
Copyright © 2013. M-Tronics Celular - All Rights Reserved
Template modify by Panjz Online Template by Creating Website
Proudly powered by Blogger