Home | , | Seberapa Cepatkah Performa CPU iPad 2

Seberapa Cepatkah Performa CPU iPad 2

Apple boleh saja mengatakan bahwa iPad 2 lebih cepat 100X dari iPad sebelumnya, tapi apakah benar demikian?
Oleh Niko Radityo
Perbedaan paling mendasar antara iPad 2 dan iPad pertama adalah teknologi di dalamnya. Sekarang dengan prosesor baru, yaitu Apple A5 SoC, performa CPU meningkat kurang lebih 50% dibanding A4 pada iPad generasi pertama. Untuk menjelajahi web dan aplikasi, iPad 2 akan jauh terasa lebih cepat dibanding sebelumnya. Tapi ada satu hal yang diklaim oleh Steve Jobs mencapai sembilan kali lipat lebih cepat daripada generasi sebelumnya, yaitu kemampuan olah grafis, baik 2D dan 3D. Ini berarti peningkatan kecepatan yang luar biasa untuk video, game dan multimedia. Teknologi yang ada di baliknya adalah PowerVR SGX 543MP2. Secara arsitektural, 543MP2 memiliki dua kali lipat tenaga pemrosesan dibandingkan SGX 535 yang terdapat pada iPad generasi pertama dan iPhone 4. Shader pipeline yang memproses visual bisa melakukan dua kali lipat perintah per satu waktu proses dibanding SGX 535.
How Fast Is iPad 2's Graphics?
Pengujian Kecepatan 3D dan Game
Untuk pengujian, software yang digunakan adalah GLBenchmark 2.0, dan dengan spesifikasi mobile, tampak bahwa dengan prosesor dual-core, sebuah iPad bisa menjalankan game resolusi desktop 1024 x 768 dengan lancar. Berdasarkan uji proses geometri dasar, iPad 2 lebih cepat lebih dari tiga kali lipat kecepatan proses geometri pada iPad generasi pertama, untuk detail lihat gambar 1.
Pengujian selanjutnya adalah tekstur 3D. Berkat kapasitas memori internal (RAM) yang meningkat, tekstur bisa menampung data lebih banyak sekali proses, ditambah kecepatan prosesor yang meningkat, serta kemampuan proses geometri yang cepat, iPad 2 melampaui iPad 1 hingga lebih dari 5 kali lipat, untuk detail lihat Gambar 2.
How Fast Is iPad 2's Graphics?
Pada pengujian game menggunakan GLBenchmark, hasilnya bisa lebih mewakili kinerja iPad 2 di aplikasi aplikasi game moderen. Di pengujian game ini, iPad 2 lebih cepat sekitar 5 kali daripada iPad generasi pertama, dan melaju 3 sampai 4 kali lipat lebih cepat daripada Motorola Xoom yang sama-sama dual-core, untuk detail lihat gambar 3 dan 4.
Ketika Anti-Aliasing (menghaluskan tepian bentuk geometri agar tidak terlihat kasar dan bertangga-tangga) diaktifkan, performa iPad 2 melaju 7 kali lipat lebih cepat daripada iPad pertama. Dengan demikian, iPad generasi pertama secara efisien tidak dapat menjalankan game menggunakan fitur Anti Aliasing, sedangkan di iPad 2, pengurangan kecepatannya tidak ada sama sekali.
Perbedaan Kualitas Gambar
Jelas bahwa adanya fitur Anti-Aliasing pada iPad 2 dengan standar OpenGL 2.0 sangatlah berdampak pada peningkatan kualitas gambar dibandingkan iPad generasi pertama. Beberapa fitur pencahayaan juga lebih detail dan mampu berjalan tanpa patah-patah sedikitpun. Perbedaan ini tidak akan kentara ketika Anda memainkan game semacam Angry Birds, tapi di game-game 3D semisal Infinity Blade, atau Dead Space yang memiliki grafis intensif. Anda akan melihat beberapa detail yang tidak didapatkan di hardware generasi lama.
Kemungkinan iPhone dan iPod touch generasi berikutnya juga bisa melakukan hal ini. dan mendapatkan kualitas gambar yang bahkan lebih tajam lagi dari Retina Display yang sudah ada. Apple tampaknya melakukan pendekatan bukan dengan menggandakan resolusi layar (karena iPad dengan resolusi layar di atas 2000x1000 piksel adalah overkill/berlebihan), tapi dengan mengalokasikan kekuatan proses ke fitur Anti-Aliasing untuk memperhalus gambar di layar. Hal ini juga bisa didapatkan dengan beberapa aplikasi non-game namun menggunakan grafis 3D, seperti contohnya Google Earth.
How Fast Is iPad 2's Graphics?
Digital Video Out
Kemampuan baru iPad 2 yang tidak disebutkan secara resmi oleh Apple dan Steve Jobs sendiri adalah digital A/V out. Dengan aksesoris tambahan iPad 2 Digital A/V Adapter, sebuah iPad bisa dihubungkan dengan TV layar lebar, dan game bisa dimainkan hingga resolusi Full HD (1080p). Salah satu yame yang mendukung mode ini secara khusus adalah Real Racing 2 dari Firemint, di mana ketika ditancapkan menggunakan kabel HDMI ke TV dengan menggunakan Digital A/V Adapter, iPad akan berubah fungsi menampilkan peta sirkuit, dan layar TV akan menampilkan adegan balap mobil. Pengguna tetap mengendalikan mobil dengan memiringkan iPad. Hal ini membuka berbagai opsi baru untuk developer dalam memaksimalkan interaksi dan fungsi grafis iPad yang baru.
Anti-Aliasing
Apa itu istilah Anti-Aliasing yang kerap disebut-sebut? Mungkin kalau Anda pernah bermain beberapa game di iPad, Anda akan melihat adanya garis-garis patahan di tepian bentuk-bentuk objek dalam game 3D. Nah, garis-garis yang tidak mulus serta terkesan kasar ini disebut 'aliasing' yang disebabkan oleh ketidaksejajaran piksel. Seperti terlihat pada gambar hitam-putih yang ada, tepian yang terkesan kasar bisa dihaluskan dengan interpolasi atau penempatan piksel pengisi di antara kekosongan piksel. Tugas CPU/GPU adalah untuk memperkirakan warna, letak, dan besar piksel pengisi tersebut. Hasil akhirnya adalah gambar yang terlihat lebih halus, yang bisa terlihat dalam perbandingan gambar Real Racing 2 HD.
How Fast Is iPad 2's Graphics?
Polygon & Texturing
Dalam istilah grafika komputer, dikenal istilah tekstur dan poligon. Kedua hal ini membentuk sebuah dunia 3D yang tampak nyata. Sebuah model atau bentuk objek, dibangun dan poligon, yang merupakan sisi-sisi datar yang terhubung satu sama lain. Bayangkan sebuah kubus dan sisi-sisinya. Sisi dari kubus tersebut adalah poligon.
Setelah dibentuk, tentu saja permukaan tersebut harus diberi materi warna dan sifat yang membuatnya mudah dikenali, semacam kulit atau lapisan di atasnya. Itulah tekstur. Kemampuan CPU dan GPU Kecepatan iPad 2 dalam membentuk poligon menjadi sebuah objek kemudian melapisinya dengan tekstur sangatlah penting dalam menghadirkan game yang tidak bergerak terpatah-patah.
Source: Macworld Indonesia, Mei 2011, halaman 24
Share this post :

komentar masuk : 0

Post a Comment

 
Support : Romes Blog | PING Tweet | Prima Tour & Travel
Copyright © 2013. M-Tronics Celular - All Rights Reserved
Template modify by Panjz Online Template by Creating Website
Proudly powered by Blogger